..

Thursday, September 3, 2015

Aplikasi Penilaian Aset (BMD) Dalam Rangka Penghapusan dengan Pendekatan Biaya (Part2 Habis)

12:19 AM

Advertisement
Menghitung NRC (New Reproduction Cost/New Replacement Cost) 

NRC (New Reproduction Cost/New Replacement Cost) dihitung berdasarkan harga pembelian mesin/peralatan tersebut dalam keadaan baru  pada saat ini. Untuk jenis mesin khusus yang bersifat tertentu, atau peralatan berat, harga pembelian tersebut (basic cost) ditambahkan dengan biaya-biaya atau pengeluaran tambahan yang dikeluarkan sehubungan dengan pengadaan mesin, antara lain dapat berupa : 
  • Biaya transportasi dari lokasi barang yang dinilai dengan pabrik pembuatnya/distributor atau pelabuhan.
  • Biaya perakitan/pemasangan di tempat
  • Biaya komisi Pajak pemerintah.   
Ada 3 metode dalam menghitung NRC ini antara lain :
  • Menghitung NRC dengan Metode Data Pasar (Ekuivalen Modern).
  • Menghitung NRC dengan Metode Trend Factors.
  • Menghitung NRC dengan Metode Koefisien Harga  
Di antara 3 metode perhitungan NRC di atas, cara yang paling mudah adalah perhitungan dengan metode Koefisien Harga. 
Metode ini yang paling sering digunakan, karena relatip mudah dilakukan. Menentukan NRC dengan metode ini dilakukan dengan cara mengalikan  harga perolehan dengan tingkat koefisien harga selama umur ekonomis, sesuai dengan rumus di bawah ini : 
 

Syarat utama penggunaan metode ini adalah adanya data harga perolehan objek penilaian dan tingkat koefisien harga yang bisa diandalkan (diprediksi dengan akurat). Koefisien Harga dihitung dengan menggunakan: nilai perhitungan rata-rata tingkat inflasi (consumer price index) dibagi dengan nilai perhitungan tingkat inflasi tiap tahun.  

Contoh Perhitungan NRC dengan menggunakan metode koefisien harga. Diketahui sebuah mesin pemanas udara tenaga surya merk Ariston dibeli dan diproduksi tahun 2002. Pemanas jenis memiliki umur ekonomis 7 tahun. Harga pada saat pembelian adalah Rp 12.500.000 dan dilakuk penilaian pada tahun 2012. Apabila diketahui bahwa  tingkat inflasi rata-rata alat elektronik tiap tahun adalah 5 %, maka : 


 
  



NRC mesin pemanas pada saat penilaian (2011) : Rp 17.588.755,00
Tabel umur ekonomis menggunakan tabel sebagaimana diatur dalam PER-12/KN/2012 tentang Penilaian Barang Bergerak, yaitu sebagai berikut :


Menghitung Penyusutan Fisik (P)

Penyusutan fisik yang dimaksud di sini adalah melihat kondisi fisik barang tersebut. Tabel penyusutan sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-12/KN/2012 tersebut, dapat diperinci lagi sebagai berikut :







































Menghitung Penyusutan Fungsional (Kf)

Penyusutan fungsional pada prinsipnya tergantung subjektivitas penilai. Justifikasi yang dilakukan satu penilai dapat saja berbeda dengan penilai yang lain. Apabila seorang penilai kesulitan untuk menentukan besarnya penyusutan fungsional suatu barang, dapat menggunakan tabel berikut ini. 




















Menghitung Penyusutan Ekonomis (Ke)

Secara teorits, besarnya kemunduran ekonomis diperhitungkan dengan biaya yang diperlukan untuk menyesuaian objek penilaian dengan kondisi yang diinginkan atau dipersyaratkan oleh faktor eksternal, sehingga minat (permintaan) terhadap barang tersebut tidak berkurang. Pada umumnya penyusutan fisik ini dihitung pada kisaran 5 s/d 30%, sesuai dengan pertimbangan penilai.

Berikut merupakan contoh tampilan Penilaian Aset (BMD) Dalam Rangka Penghapusan dengan Pendekatan Biaya berdasarkan penjelasan di atas.









 

2 comments:

 

© 2013 Aplikasi Pengurus Barang Dinas Kesehatan Kota Tegal. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top